Tips Merencanakan Pesta Ulang Tahun Anak
Biasanya ketika anak-anak belum memasuki sekolah, mereka tidak benar-benar mengerti arti ulang tahun. Yang mereka tahu hanya menerima kado, tiup lilin, potong kue, lalu dikecup mama dan papa… Seringkali orangtualah yang ingin berbagi kebahagiaan dengan menyelenggarakan pesta ulang tahun anak.
Selain menyelenggarakannya di
restoran, papa dan mama juga bisa membuat pesta ulang tahun anak yang menarik
di rumah. Selain lebih nyaman, kita bisa lebih berkreasi dan menikmati
persiapannya.
Berikut ini, kami buatkan daftar
poin yang diperlukan dalam mempersiapkan pesta ulang tahun anak di rumah.
1.
Berapa jumlah tamu? Buat daftar undangan
Siapa saja yang akan diundang?
Buatlah daftar berikut jumlahnya secara komplit. Misalnya 1 keluarga yang
diundang terdiri dari 4 orang, maka di daftar kita harus ditulis 4. Tujuannya
supaya kita dapat menghitung total tamu dan dapat membuat rencana anggaran.
2.
Merencanakan anggaran
Tulislah semua kebutuhan dan perkiraan
biaya secara rinci, sehingga dapat dihitung total kebutuhannya. Bila lebih dari
yang ditargetkan, kurangi bagian yang dapat dihilangkan atau dihemat. Tahap
inilah yang menentukan apakah acara ulang tahun anak jadi dirayakan atau tidak.
Terkadang, kita terpaksa menyederhanakan acara atau mengurangi undangan agar
masuk ke target anggaran.
3. Memilih waktu yang tepat
Acara belum tentu pas dengan hari ulang tahun anak. Misalnya, bila ultah si kecil jatuh pada hari Kamis, mungkin saja perayaannya diadakan Sabtu supaya lebih banyak kerabat yang dapat hadir. Tentukan juga jam acara.4. Merencanakan tema
Ayo gali kreativitas dalam merencanakan tema. Tema yang paling sederhana adalah tema warna, misalnya biru, pink, orange, atau kombinasi 2 warna sekaligus. Bila ingin lebih menarik lagi, kombinasikan dengan tema yang lebih dalam, misalnya tema laut, tema bunga-bunga, atau tema tokoh kartun tertentu.5. Pesan atau pilih kue ulang tahun
Pesanlah kue yang sesuai dengan tema acara. Pertimbangkan jumlah tamu yang akan diundang, sehingga ukuran kue tidak kurang atau sangat berlebihan. Pilih mana, kue tart atau cup cakes yang sedang tren?6. Menentukan dan memesan konsumsi
Tentukanlah apakah akan memasak sendiri atau membeli makanan dari luar? Prasmanan atau makanan dalam box? Lebihkan sekitar 10% agar makanan tidak kurang.7. Merancangkan jadwal dan bentuk acara
Bagaimana bentuk acaranya? Apa saja permainannya, supaya melibatkan interaksi setiap tamu? Siapa yang akan memandu acara? Perlukah menggunakan bantuan MC dari luar atau ditangani sendiri? Sebisa mungkin, acara juga ada kaitannya dengan tema.Misalnya, nama permainan dibuat sesuai dengan tema, walaupun isi permainan pada prinsipnya sama dengan permainan yang sudah biasa. Lagu apa saja yang akan dinyanyikan? Bagaimana susunan acaranya? Tulislah secara rinci, hingga waktunya dari menit ke menit. Daftar yang sudah mantap di-print beberapa kali, karena akan menjadi panduan untuk MC dan panitia pada hari H.
8. Dekorasi
Ingin seperti apa dekorasi rumah saat pesta ulang tahun anak? Yang paling mudah adalah menggunakan balon-balon, walaupun idenya sederhana, balon bisa diatur hingga sangat menarik. Aturlah warnanya agar sesuai tema.9. Menyiapkan pakaian untuk ayah, ibu, dan anak-anak
Pakaian tidak selalu harus baru. Yang penting adalah si kecil tampil menarik. Sebaiknya pikirkan juga pakaian ayah, ibu, dan saudara kandung si kecil agar ketika difoto bersama terlihat cocok. Misalnya semua menggunakan warna yang sama.10. Goodie Bag / Souvenir
Anak-anak sangat senang membawa pulang souvenir atau goodie bag ketika pulang dari acara. Rencanakan apa saja isinya? Ingin membuat sendiri ataukah pesan dari orang lain?11. Menyiapkan dan membagi undangan
Sekarang sudah banyak undangan yang dapat dibeli bebas, sehingga tidak repot menyiapkannya.12. Membentuk panitia, libatkan seluruh anggota keluarga
Inilah saat yang tepat untuk melatih kerja sama dan rasa tanggung jawab anak-anak lain yang ada di dalam keluarga. Anak yang lebih besar dapat diberi tanggung jawab untuk membagikan goodie bag, atau bertugas menyambut tamu, dll.Yang juga penting adalah pemandu acara (MC), dan siapa yang bertugas sebagai time keeper untuk mengingatkan agar semua sesuai jadwal acara yang ditentukan. Bila MC terlalu asyik dengan satu acara dan melewati batas waktu yang sudah ditentukan, time keeper bertugas
mengingatkannya. Kita tentunya tidak mau tamu bosan dan pulang terlalmbat karena acara yang terlalu panjang.
Itulah berbagai tips yang kami berikan, semoga acaranya meriah !
Kalirejo Bangil Pasuruan Jawa Timur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar