Biasanya ketika anak-anak belum memasuki sekolah, mereka tidak benar-benar mengerti arti ulang tahun. Yang mereka tahu hanya menerima kado, tiup lilin, potong kue, lalu dikecup mama dan papa... Seringkali orangtualah yang ingin berbagi kebahagiaan dengan menyelenggarakan pesta ulang tahun anak.
Selain
menyelenggarakannya di restoran, papa dan mama juga bisa membuat pesta ulang
tahun anak yang menarik di rumah. Selain lebih nyaman, kita bisa lebih
berkreasi dan menikmati persiapannya.
Berikut
ini, kami buatkan daftar poin yang diperlukan dalam mempersiapkan pesta ulang
tahun anak di rumah
1. Berapa jumlah tamu? Buat daftar undangan
Siapa
saja yang akan diundang? Buatlah daftar berikut jumlahnya secara komplit.
Misalnya 1 keluarga yang diundang terdiri dari 4 orang, maka di daftar kita
harus ditulis 4. Tujuannya supaya kita dapat menghitung total tamu dan dapat
membuat rencana anggaran.
2. Merencanakan anggaran
Tulislah
semua kebutuhan dan perkiraan biaya secara rinci, sehingga dapat dihitung total
kebutuhannya. Bila lebih dari yang ditargetkan, kurangi bagian yang dapat
dihilangkan atau dihemat. Tahap inilah yang menentukan apakah acara ulang tahun
anak jadi dirayakan atau tidak. Terkadang, kita terpaksa menyederhanakan acara
atau mengurangi undangan agar masuk ke target anggaran.
3. Memilih waktu yang tepat
Acara belum tentu pas dengan hari ulang tahun
anak. Misalnya, bila ultah si kecil jatuh pada hari Kamis, mungkin saja
perayaannya diadakan Sabtu supaya lebih banyak kerabat yang dapat hadir.
Tentukan juga jam acara.
4. Merencanakan tema
Ayo gali kreativitas dalam merencanakan
tema. Tema yang paling sederhana adalah tema warna, misalnya biru, pink,
orange, atau kombinasi 2 warna sekaligus. Bila ingin lebih menarik lagi,
kombinasikan dengan tema yang lebih dalam, misalnya tema laut, tema
bunga-bunga, atau tema tokoh kartun tertentu.
5. Pesan atau pilih kue ulang tahun
Pesanlah kue yang sesuai dengan tema acara.
Pertimbangkan jumlah tamu yang akan diundang, sehingga ukuran kue tidak kurang
atau sangat berlebihan. Pilih mana, kue tart atau cup cakes
yang sedang tren?
6. Menentukan dan memesan konsumsi
Tentukanlah apakah akan memasak sendiri atau
membeli makanan dari luar? Prasmanan atau makanan dalam box? Lebihkan sekitar
10% agar makanan tidak kurang.
7. Merancangkan jadwal dan bentuk acara
Bagaimana bentuk acaranya? Apa saja permainannya,
supaya melibatkan interaksi setiap tamu? Siapa yang akan memandu acara?
Perlukah menggunakan bantuan MC dari luar atau ditangani sendiri? Sebisa
mungkin, acara juga ada kaitannya dengan tema.
Misalnya, nama permainan dibuat sesuai dengan
tema, walaupun isi permainan pada prinsipnya sama dengan permainan yang sudah
biasa. Lagu apa saja yang akan dinyanyikan? Bagaimana susunan acaranya?
Tulislah secara rinci, hingga waktunya dari menit ke menit. Daftar yang sudah
mantap di-print beberapa kali, karena akan menjadi panduan untuk MC
dan panitia pada hari H.
8. Dekorasi
Ingin seperti apa dekorasi rumah saat pesta ulang
tahun anak? Yang paling mudah adalah menggunakan balon-balon, walaupun idenya
sederhana, balon bisa diatur hingga sangat menarik. Aturlah warnanya agar
sesuai tema.
9. Menyiapkan pakaian untuk ayah, ibu, dan anak-anak
Pakaian tidak selalu harus baru. Yang penting
adalah si kecil tampil menarik. Sebaiknya pikirkan juga pakaian ayah, ibu, dan
saudara kandung si kecil agar ketika difoto bersama terlihat cocok. Misalnya
semua menggunakan warna yang sama.
10. Goodie Bag / Souvenir
Anak-anak sangat senang membawa pulang souvenir
atau goodie bag ketika pulang dari acara. Rencanakan apa saja isinya? Ingin
membuat sendiri ataukah pesan dari orang lain?
11. Menyiapkan dan membagi undangan
Sekarang sudah banyak undangan yang dapat dibeli
bebas, sehingga tidak repot menyiapkannya.
12. Membentuk panitia, libatkan seluruh anggota keluarga
Inilah saat yang tepat untuk melatih kerja sama
dan rasa tanggung jawab anak-anak lain yang ada di dalam keluarga. Anak yang
lebih besar dapat diberi tanggung jawab untuk membagikan goodie bag, atau
bertugas menyambut tamu, dll.
Yang juga penting adalah pemandu acara (MC), dan
siapa yang bertugas sebagai time keeper untuk mengingatkan agar semua
sesuai jadwal acara yang ditentukan. Bila MC terlalu asyik dengan satu acara
dan melewati batas waktu yang sudah ditentukan, time keeper bertugas
mengingatkannya. Kita tentunya tidak mau tamu bosan dan pulang terlalmbat
karena acara yang terlalu panjang.
Itulah berbagai tips yang kami berikan, semoga
acaranya meriah !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar