Strategi
dan Pemasaran Usaha Roti
Bagi pengusaha Pabrik
Roti yang serius mengembangkan bisnis Pabrik Roti, mereka menyadari bahwa
aktivitas pemasaran dan promosi usaha Pabrik Roti harus dilakukan lewat
berbagai cara untuk mencapai kesuksesan. Di halaman ini, kami akan memberikan cara mempromosikan usaha Pabrik Roti agar
usaha Pabrik Roti tersebut mencapai kesuksesan.
Namun sebelum kami
menjelaskan lebih jauh, izinkan kami memberikan penjelasan sedikit tentang
Strategi Pemasaran. Pemasaran (menurut Wikipedia) adalah proses
penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi
mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan
keinginan manusia.
Pada umumnya kegiatan
pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi
pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:
1. Faktor mikro, yaitu
perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.
2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.
Berikut ini adalah
hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran (dari sudut pandang penjual):
1. Tempat yang strategis (place),
2. Produk yang bermutu (product),
3. Harga yang kompetitif (price), dan
4. Promosi yang gencar (promotion).
Dari sudut pandang konsumen:1. Tempat yang strategis (place),
2. Produk yang bermutu (product),
3. Harga yang kompetitif (price), dan
4. Promosi yang gencar (promotion).
1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
2. Biaya konsumen (cost to the customer),
3. Kenyamanan (convenience), dan
4. Komunikasi (comunication).
Saat ini ada satu
strategi pemasaran yang sedang gencar dilakukan oleh banyak orang, yaitu
berpromosi online melalui website. Anggaplah website adalah markas besar untuk
bisnis Pabrik Roti Anda. Maka dengan adanya website, melalui cara-cara promosi
yang akan segera kami sebutkan ini, Anda akan mempromosikan website sekaligus
mempromosikan usaha Pabrik Roti. Dimana di website tersebut akan berisi produk,
harga, layanan, alamat, testimoni, dan lain sebagainya. Mengapa demikian?
Karena seharusnya website akan mendukung bisnis Pabrik Roti jika diintegrasikan
antara promosi offline dan online.
Berikut beberapa
alasan mengapa promosi website untuk Pabrik Roti perlu juga dilakukan secara
offline dan online:
- Tidak semua calon konsumen
potensial memiliki waktu untuk mencari website Anda, bahkan mungkin tidak
mau susah-susah mencari. Ketika website Anda diingat pertama kali, maka
mereka akan mencari cara untuk dapat mengakses website Anda dan jika
beruntung, terjadilah transaksi.
- Tidak semua orang yang biasa
menggunakan internet sekalipun mengerti cara memanfaatkan search engine
untuk memenuhi kebutuhan mereka, bahkan mungkin tetap bertanya orang di
sekitar mereka. Sehingga, jika Anda beruntung website Anda-lah yang akan
diakses, dan terjadilah transaksi.
- Kini untuk menaikkan ranking di
search engine sudah semakin ketat persaingannya sehingga kecil kemungkinan
bagi calon konsumen untuk menemukan website Anda. Jika website Anda sudah
ada di benak mereka, maka mereka tidak perlu lagi mencari apa yang mereka
butuhkan melalui search engine.
- Hukum probablilitas untuk pemasaran
berlaku. Semakin banyak orang mengenal website Anda melalui berbagai macam
cara promosi, maka akan semakin banyak calon-calon konsumen yang akan
menjadi konsumen serius.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar