Usaha toko roti atau
yang biasa kita sebut dengan bakery saat ini sudah banyak bermunculan di
dimana-mana. Mulai dari usaha toko roti skala kecil yang dijalankan dirumahan
hingga toko roti yang besar. Hal ini wajar, mungkin karena kebutuhan masyarakat
akan konsumsi roti selalu meningkat. Untuk Variannnya pun bermacam-macam,
dari mulai usaha toko roti yang menjual roti tradisional sampai roti jenis
modern.
Untuk usaha bakery baru
tentunya akan memperoleh banyak tantangan, sebab pelaku bisnis bakery jumlahnya
semakin banyak. Semakin banyaknya usaha bakery bermunculan semakin ketat
juga persaingannya. Mereka melakukan banyak
cara dan strategi supaya bisnis bakery-nya sukses, salah satunya yaitu strategi
pemasaran/promosi. agar promosi anda lebih jos lagi,
Nah, kali ini kita
akan membahas beberapa hal tentang bagaiaman dan langkah-langkah apa saja yang
harus dilakukan untuk ber-promosi bakery.
Berikut adalah
hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum kita melakukan pemasaran bakery.
1. Harga
Masalah harga tentu
harus kita perhitungkan. Bakery harus mempunyai harga yang kompetitif, dalam
artian harga yang berani bersaing, tidak terlalu rendan maupun tinggi,
Harga harus disesuaikan dengan pasar. Agar kita tahu memahami harga pasar, maka
kita turun langsung ke pasar, lakukan studi banding ke toko-toko, pasar
atau supermarket. Dengan begitu kita akan tahu harga-harga pasar dan juga
kelemahan, bahkan kegagalan yang usaha bakery yang mereka alami supaya
kita bisa mengambil pelajaran tersebut.
2. Keinginan
atau kebutuhan Konsumen
Kita
sebagai produsen harus mengerti apa yang saat konsumen butuhkan, apalagi saat
ini banyak sekali permintaan bakery dengan model dan jenis tertentu. Untuk itu
kita harus kreatif, dalam artian kita membuat bakery sesuai dengan keinginan
konsumen.
3. Lokasi srategis
Masalah pemilihan
tempat untuk toko bakery adalah hal yang penting. Coba kita perhatikan tempat-tempat tertentu seperti stasiun kereta. Kita
bisa lihat tok roti yang sudah besar seperti Roti ‘0’, Holland bakery, Hampir
di stasiun kereta dikota besar toko roti tersebut ada. Mereka memilih tempat
yang potensial, memilih tempat yang penuh dengan banyak orang lalu-lalang. Nah,
kurang lebih seperti itulah kita harus memilih tempat yang strategis.
Setelah kita tahu
apa saja hal yang perlu diperhatika sebelum melakukan promosi, kali ini
kita akan membahas tentang langkah-langkah dalam promosi/pemasaran usaha
bakery.
Kita Sebagai pengusaha bisnis bakery ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran bakery, entah itu dari sudut pandang kita sebagai penjual maupun konsumen/pembeli.
Kita Sebagai pengusaha bisnis bakery ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran bakery, entah itu dari sudut pandang kita sebagai penjual maupun konsumen/pembeli.
1. Promosi member
tester
Gunakan trik member
tester kepada keluarga, teman, dan lain lain. Ketika mereka
merasakan Bahwa bakery kita memiliki ciri khas tersendiri. Secara
otomatis mereka akan me-rekommendasikan ke orang lain dari mulut ke mulut.
2. promosi Bersama
Yang kami maksud
promosi bersama ialah kerjasama dengan pebisnis lain yang relevan. Kita
bisa coba kerjasama dengan bisnis yang
menjual produk sebagai pelengkap produk yang kita jual. Sebagai contoh
kerjasama dengan pebisnis catering.
3.Jual Produk
Perpaket
Produk yang kurang
diminata pembeli, bisa kita jual satu paket dengan produk yang banyak
diminati. Dengan begitu produk yang Tidak laku tidak menumpuk.
4.Diskon atau hadiah
Dengan memberikan
diskon atau hadiah maka akan menarik perhatian para pembeli, sebagai
contoh, Beli 1 Gratis 1, hal ini akan menguntungkan kedua pihak Karena,
pelanggan tetap membeli produk anda dengan harga utuh, sekaligus merasa
beruntung mendapatkan 1 produk secara gratis. Atau anda bisa memberikan hadiah
gratis untuk pembeli dalam jumlah tertentu.
5.Promosi Online
Promosi adalah hal
terpenting yang perlu kita lakukan, Bisa dibilang promosi adalah hidup
mati dari usaha kita.
Ada satu strategi
pemasaran yang saat ini sedang Trend dikalangan banyak orang, yaitu strategi
pemasaran via online atau biasa disebut dengan Internet/Digital Marketing.
Pemanfaatan teknologi saat ini menjadi hal penting bagi mereka para marketing,
Dengan alasan lebih efektif. Salah satu pemasaran online yang banyak digunakan
yaitu lewat media sosial seperti facebook, twitter, instagram dll. Untuk
mempromosikan bakery lewat online, kita bisa merekrut seseorang untuk dijadikan
sebagai Internet marketing.
Selain berpromosoi melalui media sosial, kita
juga harus memiliki sebuah website/blog, website/blog ini
bisa kita anggap sebagai tempat kedua toko roti kita. Dimana website/blog
tersebut akan berisi sebuah produk, harga, layanan, alamat dsb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar